• WA: 08971979095
  • Instagram
  • Alasan Prawirotaman Menjadi Kampung Turis


    Alasan Prawirotaman Menjadi Kampung Turis
    Alasan Prawirotaman Menjadi Kampung Turis

    Alasan Prawirotaman Menjadi Kampung Turis --
    Lokasi kampung prawirotaman yang dekat dengan Malioboro ini sering disebut sebagai kampung turis, tapi sudahkah kamu tau kenapa?

    Salah satu kampung di Yogyakarta yang terletak kurang lebih 5 km disebelah tenggara pusat Kota Yogyakarta ini, awal mulanya merupakan sepetak tanah yang dihadiahkan kepada seorang bangsawan keraton yang bernama Prawirotomo yang kemudian berkembang hingga sekarang.

    Setelah kemerdekaan kampung ini menjadi sentra kerajinan batik yang dikelola oleh keturunan Prawirotomo. Namun seiring dengan waktu zaman keemasan batik mulai redup yakni sekitar tahun 70-an akhirnya para keturunan Prawirotomo pindah haluan dalam berbisnis dengan membuka jasa penginapan dan berlangsung hingga saat ini.

    Walalupun pengelolanya sudah tidak semua keturunan Prawirotomo namun masih ada yang keturunan dari Prawirotomo. Dan karena yang datang dan menginap kebanyakan wisatawan mancanegara, maka akhirnya kampung ini mendapat julukan kampung turis.

    Kampung prawirotaman sendiri terdapat tiga jalan yang membelah yakni Jalan Prawirotaman 1 atau lebih dikenal dengan nama jl. Prawirotaman saja. Dan kawasan inilah yang menjadi sentral kampung turisnya. Disini paling banyak ditemukan jasa penginapan dan art shop, dan banyak aktifitas bisnis lainnya. Kemudian disebelah selatannya lagi yang berhubungan dengan pasar tradisional.

    Di Prawirotaman juga terdapat beberapa jasa penginapan namun tidak sebanyak jl. Prawirotaman I disebut Jalan Prawirotaman II. Demikian juga jl Prawirotaman III yang berada dibagian paling selatan kampung ini hampir sama keberadaannya dengan jalan yang lain, namun lebih dikenal dengan nama Jl. Gerilya.

    Di kawasan Prawirotaman juga memiliki keunikan lain, yaitu tukang becak yang pandai berbahasa Inggirs. Ada juga tukang becak yang bahkan memiliki akun facebook untuk menawarkan jasanya kepada wisatawan yang ingin berkeliling kota Jogja.

    Meskipun mendapat julukan kampung turis, tetapi kawasan Prawirotaman ini juga sering didatangi oleh wisatawan domestik, karena tarif penginapannya yang relatif murah jika dibandingkan dengan penginapan ditengah kota. Serta fasilitas pendukung yang lengkap dan makanan khas menjadi alasan mengapa Prawirotaman ini ramai terutama oleh wisatawan mancanegara.

    Jadi, kamu sudah pernah berkunjung ke kampung turis ini atau belum? Jika belum dan kamu penasaran bagaimana suasananya, langsung saja datang bersama teman, pasangan, ataupun keluarga.


    Terima kasih telah membaca artikel Alasan Prawirotaman Menjadi Kampung Turis ini. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan untuk pembacanya. Sampai bertemu di artikel Info Cafe Resto Jogja yang menarik berikutnya!

    Kamu sedang membaca artikel tentang Alasan Prawirotaman Menjadi Kampung Turis dan kamu bisa menemukan artikel Alasan Prawirotaman Menjadi Kampung Turis ini dengan url https://www.infocaferestojogja.com/2018/12/alasan-prawirotaman-menjadi-kampung.html, kamu boleh menyebarluaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Alasan Prawirotaman Menjadi Kampung Turis ini sangat bermanfaat bagi teman-temanmu,namun tolong cantumkan link Alasan Prawirotaman Menjadi Kampung Turis sebagai sumbernya ya!.