X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Internet, Mobile, SMS Banking

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Internet, Mobile, SMS Banking
Internet banking, mobile banking, dan SMS banking merupakan fasilitas tambahan yang didapatkan oleh nasabah jika membuka rekening bank. Sudah banyak bank yang menyediakan fasilitas-fasilitas ini yang bisa memudahkan nasabahnya.


Untuk mengaktifkan internet banking, sms banking dan mobile banking tidak dipungut biaya registrasi ataupun tambahan biaya administrasi bulanan. Layanan-layanan ini juga bisa saling melengkapi untuk kenyamanan transaksi perbankan.

Tiap layanan juga punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

      ·         Internet Banking
Internet Banking
Internet Banking

Seiring kemajuan teknologi, internet banking tidak harus diakses melalui laptop atau PC. Smartphone pun sekarang sudah bisa dengan gampang melakukannya. Kalau SMS banking menggunakan SMS dan mobile banking menggunakan aplikasi, maka internet banking memakai browser. Hanya membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Internet banking bisa dibilang paling fleksibel dibandingkan layanan lainnya, karena dapat diakses kapan dan dimana saja asalkan ada gagdet dan koneksi internet. Loginnya cukup memerlukan username dan password.Tarif biaya aksesnya juga lebih murah daripada SMS banking. Hampir semua transaksi perbankan bisa dilakukan dengan internet banking.

Dari keunggulan yang sudah disebutkan diatas, internet banking juga memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa tarik tunai sama seperti SMS banking dan mobile banking, hanya layanan ATM satu-satunya layanan yang bisa mengeluarkan uang cash.

      ·         Mobile Banking (m-banking)
Mobile Banking
Mobile Banking

Mobile banking hampir mirip dengan SMS banking karena sama-sama dijalankan menggunakan handphone. Perbedaannya adalah jika SMS banking menggunakan SMS, sedangkan mobile banking menggunakan aplikasi yang diinstal pada handphone.

Dengan menggunakan aplikasi, mobile banking akan sangat mudah diakses karena tidak perlu mengetik format perintah seperti SMS banking, tetapi cukup klik saja beberapa menu yang sudah tersedia. Hal ini akan meminimallisir kesalahan. Keunggulan yang paling utama dari mobile banking yaitu dapat dilakukan melalui ponsel pribadi kapanpun dan dimanapun.

Kelemahannya yaitu tidak bisa ambil uang atau tarik tunai. Selain itu, beberapa bank mengharuskan PIN yang dikirim ke nomor handphone, dan juga handphone yang digunakan harus dipasangi kartu SIM yang nomornya sudah terdaftar saat mendaftar di aplikasi mobile banking tersebut.

      ·         SMS Banking
SMS Banking
SMS Banking

SMS banking merupakan fasilitas tambahan selain kartu ATM. Nasabah bisa meikmati layanan ini lewat handphone pribadi, setelah nomor yang digunakan SMS diregistrasikan dulu. Caranya bisa melalui ATM atau datang langsung ke kantor cabang terkait yang terdekat.

Keunggulan yang paling utama dari SMS banking yaitu bisa melakukan transaksi perbankan cukup dari rumah tanpa harus ke ATM atau cabang bank. Dan juga bisa dijalankan dengan handphone tipe apa saja. Tidak harus smartphone keluaran terbaru, cukup membutuhkan handphone yang bisa buat mengetik SMS dan memiliki pulsa saja.

Namun sama seperti internet banking dan mobile banking, SMS banking juga tidak bisa tarik tunai. Tarif SMS banking juga lebih mahal daripada tarif SMS biasa. Yang terakhir, SMS banking bisa dibilang sedikit lebih ribet karena harus menghafal format kode perintah yang harus dikirimkan melalui SMS.

Itu dia pembahasan tentang Inilah Kelebihan dan Kekurangan Internet, Mobile, SMS Banking yang mungkin membantu kamu dalam penggunaan layanan-layanan dari bank-bank di Indonesia.


Jangan lupa kunjungi Info Cafe Resto Kuliner Jogja untuk informasi lengkap terkait cafe dan resto di Yogyakarta serta info menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!
Related Posts

Related Posts