X5shz4aTNkOxOgSqfJsdczLtDoEY02WZt1PBqrhc

7 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli di Jogja

7 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli di Jogja

7 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli di Jogja

Oleh-oleh merupakan sesuatu atau buah tangan yang dibawa dari bepergian. Kalo membicarakan masalah oleh-oleh, kota Yogyakarta merupakan kota yang memilki berbagai macam oleh-oleh menarik yang bisa kamu bawa untuk sanak saudara kamu di rumah.

Karena itu, artikel ini akan memberikan kamu referensi tentang 7 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli di Jogja agar kamu bisa mengetahui oleh-oleh apa saja yang ikonik ataupun yang sedang viral di kota Yogyakarta antara lain :

1.Bakpia

Siapa yang tidak tahu dengan oleh-oleh yang paling terkenal yang satu ini ? yaps benar sekali yaitu Bakpia. Sudah bertahun-tahun lamanya bakpia menjadi oleh-oleh yang paling dicari oleh wisatawan yang datang ke kota Yogyakarta. Selain rasanya yang khas, variasi rasanya yang sangat beragam seperti kacang hijau, keju, coklat, kacang merah, hingga rasa durian.

Agar tidak kalah saing dengan buah tangan lain, bakpia melakukan inovasi baru yaitu membuat varian produk yang baru yaitu bakpia kukus. Bakpia kukus ini sebetulnya hampir sama dengan bakpia biasa, namun yang membedakan adalah tepung luarnya yang dibuat seperti mantau atau bakpao.

2.Kaos Dagadu

Brand baju Dagadu merupakan brand lokal asal Yogyakarta yang sudah sangat lekat di benak para wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh pakaian. Ciri khas pakaian yang diproduksi Dagadu biasanya mengambil tema tentang kota Yogyakarta.

Target yang diincar oleh Dagadu biasanya wisatawan yang sudah berkeluarga. Jadi bagi kamu wisatawan yang sedang ke Yogyakarta membawa keluarga jangan sampai lupa membeli buah tangan dari Dagadu si brand lokal asli Yogyakarta.

3.Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta sama seperti bakpia. Tapi yang membedakan gudeg dengan bakpia ialah gudeg merupakan makanan berat sedangkan bakpia adalah camilan. Isi yang ada di dalam gudeg adalah krecek, nangka muda, telur, tahu, ayam, atau sesuai selera kamu. Untuk lauk yang disebut gudeg ialah nangka muda yang dimasak dengan gula merah dan bumbu tradisional sehingga membuat teksturnya menjadi lembut.

Untuk oleh-oleh, gudeg biasanya dibuat menjadi kering agar saat dibawa oleh kamu tidak menjadi basi. Banyak sekali yang menjual gudeg di Yogyakarta dan kamu bisa membelinya sesuai dengan selera atau referensi dari kerabat kamu.

4.Coklat Monggo

Coklat monggo cocok menjadi buah tangan kamu yang suka dengan coklat atau makanan modern. Coklat ini diciptakan oleh Thierry Detournay asal belgia. Walaupun yang menciptakan orang asing, tapi seluruh bahan yang dipakai merupakan bahan produk lokal. Coklat ini memiliki banyak varian rasa yang ditawarkan hanya untuk kamu-kamu.

5.Batik

Belum afdol rasanya kalau kamu datang ke kota Yogyakarta tapi belum membeli batik. Pakaian khas Jawa yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia ini sudah pasti harus masuk ke dalam daftar buah tangan kamu jika datang ke Yogyakarta.

6.Gerabah Kasongan

Gerabah merupakan perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dijadikan alat yang memilik nilai fungsi bagi manusia. Gerabah kasongan adalah oleh-oleh yang memiliki nilai artistik dan klasik. Macam-macam gerabah yang ditawarkan cukup banyak seperti gentong, peralatan rumah tangga, kendi, cobek, dan masih banyak lagi.

7.Mamahke Jogja

Oleh-oleh yang terakhir ini merupakan oleh-oleh yang sedang banyak dibicarakan oleh wisatawan. Zaman sekarang, sedang marak-maraknya oleh-oleh kue artis yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Kota Yogyakarta menjadi target sepasang artis Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca untuk membuat kue khas Yogyakarta yang diberi nama Mamahke Jogja.

Mamahke Jogja merupakan oleh-oleh khas Jogja yang sedang viral dibicarakan oleh masyarakat Jogja. Kue yang memiliki varian rasa seperti green tea, red velvet, capuccino, dan masih banyak lagi ini tentu menjadi kegemaran anak muda karena rasa-rasanya yang sangat disukai oleh anak muda jaman sekarang.

Berikut merupakan 7 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli di Jogja oleh kamu yang sedang berencana untuk berkunjung ke kota Yogyakarta. Tetap nantikan artikel-artikel menarik dari www.infocaferestojogja.com dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya.


Related Posts

Related Posts